6.20.2008

Mapala Desak Pembasmian Ilegal Loging

Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Tompotika (Untika) Luwuk, mendesak aparat kepolisian agar tegas memberi sanksi sesuai hukum yang berlaku bagi pelaku illegal logging di Kabupaten Banggai. Menurut mereka, jika pengrusakan hutan dibiarkan tanpa ada sanksi hukum jelas, maka masyarakat secara umum yang akan menjadi korban akibat dari perbuatan tersebut.

“ Kami berharap ada ketegasan yang dilakukan aparat kepolisian dalam menindak para pelaku illegal logging, sehingga menimbulkan sikap jera bagi pelaku. Kami pun siap membantu kinerja kepolisian dalam mengungkap jaringan pengrusakan hutan tak berizin resmi itu yang sedang marak di daerah ini,” tegas aktivis Mapala Untika Luwuk, Muh Ikhsan Suling, kepada Mercusuar Jumat (17/8) kemarin. Menurut Ikhsan, cukup sudah derita masyarakat Banggai terhadap dampak pembalakan hutan secara liar. Banjir bandang yang terjadi hamper setiap tahun adalah bukti jika kawasan hutan kita tidak hijau seperti dulu lagi. Terkait dengan kondisi itu, perlunya langkah konkrit yang ditempuh seluruh pihak termasuk aparat kepolisian dalam membongkar jaringan pelaku illegal logging yang terus saja terjadi.

Mapala lajut Ikhsan tidak menutup mata ketika diperhadapkan pada persoalan yang semakin memprihatinkan itu. Namun organisasi yang berdiri sejak tahun 2002 ini punya konsep tersendiri dalam menyikapinya. Bentuk kepedulian terhadap kawasan hutan itu tidak lain adalah melakukan kampanye kesadaran kepada masyarakat tentang pentingnya memelihara kawasan hutan. Bahkan, Mapala sendiri tidak tanggung-tanggung memberikan doktrin kepada masyarakat untuk memberi perlawanan terhadap aksi pembalakan liar, meski yang dilawan adalah kelompok yang punya pengaruh cukup kuat di daerah ini, tegas mahasiswa Untika Luwuk ini.

1 komentar:

  1. go my friend. . . we can do it !
    andai pemerintah tidak mau peduli dan bnyk pejabat berwng n wajib qa mau, baek y kita aja yg kasi hukuman..... yang patut bagi mrk adalah HUKUMAN MATI & daging mrk kt kasi bwy wild animal yg ada di hutan. . . fuck you pejabat n cukong

    BalasHapus